Peduli Covid -19

Sekda Apresiasi Perusahaan di Dumai Sumbangkan Sembako ke Masyarakat 

Sekda Dumai, Ketua LAMR dan beberapa perwakilan perusahaan

DUMAI (Surya24.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai ikut menyerahkan bantuan yang bersumber dari beberapa perusahaan yang ada di Dumai dan akan diserahkan ke warga yang terdampak akibat Covid-19. Bantuan ini juga adanya kerjasama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai bersama sejumlah perusahaan yang ada di Kota Dumai.

Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Pemko Dumai melalui Sekretaris Daerah Dumai Hedri Salioso yang diserahkan secara simbolis kepada masyarakat Dumai yang rentan ekonomi terdampak Covid-19 di Balai Adat LAMR Dumai jalan Putri Tujuh, Kamis (16/04/2020). Seketaris Daerah Dumai Herdi Salioso mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan hendaknya dapat di contoh oleh perusahaan lainnya yang ada di Dumai. 

"Kami sebagai Pemko Dumai sangat mengapresiasi sekali perusahaan yang ada di Dumai karena turut serta membantu masyarakat Dumai rentan terdampak ekonominya akibat virus corona ini. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai yang telah mengajak beberapa perusahaan ini turut langsung menyumbangkan sembako buat masyarakat kita. Dalam mengantisipasi atau penanggulangan Covid-19 ini Pemko Dumai juga telah menggeserkan beberapa anggaran di Pemko Dumai sekitar 100 Miliar untuk masyarakat yang terdampak ekonominya, " ujarnya.

Ia menerangkan pemerintah pusat sudah menginstruksikan agar setiap daerah mempriortaskan APBD-nya untuk penanganan Covid-19 di masing-masing daerah. “Ini bukan hanya masalah pemerintah saja, tapi seluruh pihak juga harus ikut bekerja sama,” tambahnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan semua orang terkena dampak dari adanya virus Corona ini. Namun demikian di antara yang terdampak, tentunya ada masyarakat rentan yang selama ini sudah menjalani kehidupan cukup sulit menjadi lebih sulit karena kondisi ini.

Untuk itu bantuan yang Ia salurkan diharapkan bisa membantu masyarakat rentan tersebut dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. “Ada 200 paket beras yang kami salurkan di mana setiap paket beras besarannya adalah 5 Kg,” ujarnya.

Dirinya mengatakan Pertamina secara keseluruhan yang meliputi unit operasi dan anak perusahaan telah mengusung Program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 untuk bersama membantu pemerintah dan masyarakat melalui berbagai jenis bantuan sejak pertama kali kondisi pandemi mencuat.

“Khusus di Kota Dumai Pertamina hadir secara kesatuan yang terdiri dari Refinery Unit II, Integrated Terminal BBM Dumai, DPPU Pinang Kampai, Patra Niaga, hingga Patra SK yang saling bersinergi untuk memberikan kontribusi nyata terkait penanggulangan Covid-19,” kata Unit Manager Brasto.

Di antaranya adalah bantuan APD, masker, wastafel, kegiatan penyemprotan disinfektan dan bantuan-bantuan lainnya. “Kami berharap bantuan tersebut dapat memberikan manfaat bagi penanganan masalah ini sehingga kondisi bisa kembali normal,” terangnya.

Selain itu Presiden Direktur PT. Kuala Lumpur Kepong (KLK) Samsudin melalui Group HR & GA HOD Yogi Rinanda kepada media menyebutkan bantuan ini salah satu bentuk kepedulian PT KLK Dumai untuk masyarakat yang terkena dampak ekonomi Wabah Virus Corona di Dumai. 

"Bantuan ini sebagai rasa kemanusiaan kita untuk ikut peduli dan berkontrubusi kepada masyarakat Dumai yang rentan Ekonomi dampak dari Wabah Virus Covid-19 ini. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Dumai. Kita bekerja sama dengan LAMR Dumai untuk menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat. Semoga kita semua terlepas dari wabah ini untuk selama lama nya." ungkap Yogi Rianda 
Group HR & GA HOD, PT KLK Dumai.

Secara simbolis Sekda Dumai menyerahkan bantuan dari perusahaan kepada masyarakat yang hadir pada saat itu dan didampingi oleh Ketua LAMR Dumai, Datuk Sri Syahruddin Husin dan jajaran. Penyerahan dihadiri juga oleh beberapa perusahaan yang ikut menyumbang pada hari itu. Perusahaan yang ikut menyumbang daintaranya PT Pertamina RU II Dumai, Patra Dok, PT Pelindo Dumai, PT. Kuala Lumpur Kepong (KLK), Wilmar, dan City Mall. Bantuan dari perusahaan tersebut adalah berupa sembako terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng dan beberapa sembako lainnya. (zul)